oleh

Job Fair Bantu Pemkot Tekan Angka Pengangguran Kota Kendari

Infokendari – Sebanyak 27 Industri bergabung dalam kegiatan Job Fair yang diselenggarakan oleh Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kendari, Jumat, 17/11/2023.

Kepala Bidang (Kabid) Penempatan dan Pelatihan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Kendari, Wawan Astanto hadir mewakili Kepala Dinas mengungkapkan kegiatan Job Fair sangat membantu Pemerintah Kota Kendari.

“Job Fair ini sejalan dengan tujuan Pemerintah Kota Kendari dalam hal ini bapak Pj. Wali Kota yang tengah gencar-gencarnya mengurangi tingkat pengangguran terbuka” Ujarnya.

Lebih lanjut diterangkan, berdasarkan data angka pengangguran terbuka di tahun 2023 mengalami penurunan di banding dengan dua tahun terakhir.

“Berdasarkan rilis data BPS, Tahun 2021 TPT kita mencapai angka 5,19% sedangkan untuk tahun 2022 mencapai 5,23%, di tahun 2023 Alhamdulillah menurun menjadi 5,18% padahal dibandingkan dua tahun terakhir, tahun ini kita mengalami peningkatan jumlah penduduk kurang lebih 13 ribu tapi TPT kita berkurang,” Ungkapnya.

SMKN 3 Kendari merupakan sekolah ketiga yang telah mengadakan Job Fair. Wawan pun mengapresiasi kegiatan tersebut karena berhasil mencetak rekor dengan jumlah perusahaan terbanyak yang membuka lowongan kerja.

“Suatu kebanggaan SMKN 3 Kendari hari ini berhasil mendatangkan 27 perusahaan dengan lowongan kerja yang sangat banyak dari sebelumnya. Ini bisa menjadi contoh sekolah-sekolah yang memiliki BKK untuk mengadakan kegiatan Job fair,” tutupnya.

Sementara Kepala Bursa Kerja Khusus (BKK) SMKN 3 Kendari, Ruslin, dalam laporannya mengatakan sebanyak 27 perusahaan dihadirkan dalam kegiatan Job Fair sesuai dengan jurusan yang ada di sekolah tersebut.

“Lowongan kerja yang dibuka sesuai dengan jurusan yang ada di sekolah ini, yaitu bidang perhotelan, kuliner, tata busana, kecantikan, serta teknik komputer dan jaringan,”ujarnya

Diketahui, kegiatan Job Fair ini merupakan jembatan untuk mempertemukan antara pencari kerja dan pemberi kerja. Kegiatan Job Fair ini berlangsung selama dua hari yakni sejak 17-18 November 2023.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *