oleh

Tekan Angka Pengangguran, SMKN 5 Kendari Bersama Disnakerperin Akan Gelar Job Fair

Infokendari.com – Demi menekan angka pengangguran, SMK 5 Negeri Kendari menggelar persiapan Job Fair 2023 yang berlangsung di aula sekolah. Sabtu, (04/11/2023).

Kegiatan tersebut dalam rangka pelaksanaan kegiatan Job Fair 2023 yang akan di selenggarakan pada 11 november mendatang.

Kepala Sekolah SMKN 5 Kendari Ahmad Yunan, S.Pd., MP mengatakan, dalam pelaksanaan Job Fair 2023 mendatang, pihaknya menggandeng Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Kendari agar mendapatkan arahan serta bimbingan.

Di akui, bahwa SMK Negeri 5 kendari baru kali pertama akan melaksanakan kegiatan Job Fair, sehingga masih butuh arahan serta bimbingan dinas terkait dalam hal ini Disnakerperin Kota Kendari.

“Kita berharap melalui pendampingan dari dinas tenaga kerja dan perindustrian Kota Kendari pada kegiatan Job Fair yang nanti akan kita laksanakan dapat berjalan sebagaimana yang kita harapkan,” ujarnya.

Hadir mewakili Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Kepala bidang (Kabid) pelatihan dan penempatan, Wawan Astanto saat membawakan materi Peluang Pemasaran Tenaga Kerja mengatakan, peluang kerja dapat di artikan sebagai permintaan tenaga kerja yang tersedia dimasa mendatang sesuai dengan latar belakang pendidikan seseorang.

“Misal, siswa/siswi SMKN 5 Kendari, peluang kerjanya dapat kita lihat dengan jurusan yang dia pilih,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, faktor peluang kerja terbagi menjadi dua kategori yakni internal dan eksternal. faktor internal terdari dari pendidikan  dan pengetahuan, Keahlian dan keterampilan serta usia. sementara pada faktor eksternal yaitu Geografis, investasi, Kerjasama dan Demografi .

Terkait pemasaran tenaga kerja wawan mengatakan, bagamaimana kita membuat perusahan atau pemberi kerja tertarik kepada tenaga kerja yang kita tawarkan.

“Inilah salah satu tugas dan fungsi BKK, dimana mengkoordinasikan pertemuan antara alumni yang sedang mencari Kerja dengan perusahan industri atau pengusaha yang sedang membutuhkan tenaga Kerja, dengan kata lain BKK SMKN 5 Kendari memberikan layanan penempatan tenaga kerja bagi alumninya,” jelasnya.

“Olehnya saya sering mengatakan bahwa BKK adalah partner kami, Dinas tenaga kerja dan perindustrian dalam rangka mengurangi tingkat pengangguran terbuka.

Sementara, ketua panitia, Harwyah Garusu, S.Pd dalam laporannya mengatakan, kegiatan yang berlangsung tersebut bertujuan untuk dapat menjelaskan tatacara pelaksanaan Job Fair yang bakal dilaksanakan pada 11 November mendatang.

” Kegiatan persiapan Job Fair ini berlangsung selama 1 hari yang di ikuti oleh Bapak/ibu guru SMKN 5 Kendari dan 16 dunia kerja lainya,”Ujarnya..

Diketahui, SMK 5 Kota Kendari masuk dalamrangka kategori sekolah pusat keunggulan pada tahun 2021 angkatan pertama. (Cds)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *