DaerahEkobis

Intip! Siapa dibalik Layanan Air Bersih dan Lancar PDAM Tirta Anoa

154
×

Intip! Siapa dibalik Layanan Air Bersih dan Lancar PDAM Tirta Anoa

Sebarkan artikel ini

kendari, infokendari.com– Ketersediaan air bersih penting untuk menunjang hidup masyarakat. Air bersih sangat berperan dalam peningkatan kualitas hidup hingga kesehatan. Bahkan keberadaan air bersih menjadi salah satu faktor yang memberikan dampak sosial dan ekonomi.

Beberapa bulan terakhir ini warga kota Kendari dapat bernafas legah. pasalnya ketersedian Air bersih PDAM Tirta Anoa kembali dapat dinikmati warga metro setelah sebelumnya mengalami perbaikan.

Nur iksan, Warga Kelurahan Lahundape saat di temui Tim infokendari mengatakan, beberapa bulan terakhir layanan air bersih PDAM Tirta Anoa Kendari, sudah dapat dinikmatinya setiap hari.

“Sebelumnya, kurang lebih empat ratus ribuan harus kami sediakan hanya untuk membeli galon untuk memasak. sekarang kan sudah tidak, air PDAM nya sudah bersih lagi bahkan jarang sekali tidak mengalir,”ungkapnya

Ditempat terpisah, Muhajir Warga Kelurahan tipulu mengungkapkan, PDAM baginya tempat menggantungkan harapan dalam pemenuhan kebutuhan air bersih untuk hidup sehari- hari.

“Hanya PDAM saja sejak dulu menjadi harapan kita untuk air bersih. Terimakasih Pemerintah Kota Kendari, saya berharap layanan air bersih ini dapat terus dipertahankan,” Harapnya

Direktur PDAM Kendari Damin mengatakan, membaiknya layanan PDAM Tirta Anoa Kendari merupakan atas dukungan Pj. Wali Kota Kendari serta arahan dewan penggawas yang menginginkan kualitas layanan PDAM yang berkualitas.

Damin mengungkapkan, pihaknya berhasil mengoptimalisasi intake Pohara dan WTP Punggolaka. “Intake Pohara dan WTP Punggolaka telah rampung dan mulai pulih untuk melayani masyarakat Kota Kendari akan kebutuhan air bersih masyarakat,” ungkapnya.

Lebihlanjut Damin menjelaskan, dana optimalisasi berasal dari tambahan penyertaan modal pemerintah Kota Kendari tahun 2022, yang diperuntukan untuk membenahi perlahan pompa dan instalasi pengolahan air serta operasional PDAM.

Disamping memulihkan layanan intake pohara dan WTP Punggolaka, unit Andonouhu, unit Matabondu, dan unit Baruga juga perlahan mulai dilakukan pembenahan dan juga telah rampung, untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat.

“Keluhan pelanggan sudah mulai berkurang, ini dibarengi dengan beberapa permohonan pelanggan yang ingin menyambung kembali air PDAM,” Ujar Damin.

Diketahui, Pada tahun 2022, PDAM Tirta Anoa Kota Kendari mendapatkan alokasi anggaran senilai Rp10.000.000.000,00 yang tertuang dalam APBD Kota Kendari tahun 2022 sebagai tambahan penyertaan modal Pemerintah Kota Kendari (Investasi). Dana penyertaan modal ini berdasarkan Peraturan Daerah Kota Kendari Nomor 1 Tahun 2014 tanggal 24 Januari 2014. Dana tersebut merupakan tambahan penyertaan modal Pemerintah Kota Kendari dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan kinerja PDAM yang efisien, efektif dan profesional.

Dana tersebut diperuntukkan pada kegiatan optimalisasi Intake Pohara dan Water Treatment Plant (WTP) Punggolaka sebesar Rp7.500.000.000,00 serta kegiatan rasionalisasi pegawai dan opersional lainnya sebesar Rp2.500.000.000,00.

Jumlah pelanggan PDAM Tirta Anoa Kota Kendari sampai dengan tanggal 31 Desember 2022 sebanyak 14.189 pelanggan dengan total rata-rata pemakaian sebanyak 6.905 M³ per Hari yang terdiri dari :

Pelanggan sosial sebanyak 83 pelanggan; Pelanggan non niaga sebanyak 13.340 pelanggan; Pelanggan niaga sebanyak 763 pelanggan; Pelanggan khusus (Pelabuhan) sebanyak 3 pelanggan.

Berdasarkan jumlah layanan pelanggan yang diberikan oleh PDAM Tirta Anoa Kota Kendari yaitu :

PDAM Pusat (Pohara) sebanyak 9.873 pelanggan; PDAM Unit Baruga sebanyak 721 pelanggan;PDAM Unit Anduonohu sebanyak 2.272 pelanggan; PDAM Unit Matabondu sebanyak 1.323 pelanggan.

Pekerjaan di intake pohara :

1. pompa wilo kapasitas 350 liter per detik, 2 buah
2. Control Panel pompa
3. pompa summersible (pompa tanam) kapasitas 400 liter per detik
4. asesoris pompa
5. toilet
6. pekerjaan lainnya

pekerjaan di WTP Punggolaka :
1. Bak Tudung Pulsator 8 bak.
2. Filter, pasir slika, nozle dll 6 bak
3. Pompa dosing
4. pekerjaan valve, dan lain-lain

Optimalisasi pompa di unit Matabondu, Andonouhu dan Baruga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *