oleh

Dibekali ilmu Tambahan, Siswa Siswi SMKN 1 Kendari Siap bersaing di Dunia Kerja

infokendari – Sekolah Menengah Kejuruan  Negeri (SMKN) 1 Kendari menyelenggarakan kegiatan pelatihan kepada Siswa Siswi kelas XII yang berlangsung di Aula SMKN, Jumat, (22/12/2023).

Kegiatan pelatihan tersebut berupa teknik Wawancara,  penulisan surat lamaran pekerjaan, penulisan CV dan penerbitan AK1.

Kepala sekolah SMKN 1 Kendari, Drs Ali Kuoa mengatakan, kegiatan yang berlangsung itu dalam rangka merespon harapan dan keinginan industri dan pasar kerja.

Menurut mereka, Salah satu kelemahan dari calon calon pelamar itu adalah tidak memahami cara penulisan lamaran pekerjaan dan teknik wawancara yang baik.

“Olehnya melalui BKK SMKN 1 Kendari telah merancang program kegiatan pelatihan ini sehingga anak anak nantinya memiliki bekal sebagaimana yang menjadi harapan dunia usaha dan industri,” Ujarnya.

Lebih lanjut Ali Kuoa berharap, Kepada Dinas Tenaga kerja dan Perindustrian kota Kendari kedepannya agar dapat memfasilitasi Siswa Siswinya untuk penerbitan AK1.

Terkait penerbitan AK1, Kepala Bidang Penempatan dan Pelatihan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan perindustrian Kota Kendari, Wawan mengatakan, siap memfasilitasi penerbitan AK1 kepada Alumni SMKN 1 Kendari yang akan mencari kerja.

“Kami dari dinas tenga kerja dan Perindustrian Kota Kendari akan selalu siap memfasilitasi penerbitan AK1 Bagi para calon pencari kerja,”ujarnya.

di tempat yang sama Ketua BKK SMKN 1 Kendari, Rosmiati, S.Pd., M.Pd mengatakan, siswa siswi kelas XII yang terlibat dalam kegiatan tersebut berjumlah 70 orang, dimana pada masing – masing kelas itu ada sebanyak 5 orang perwakilan.

Lanjut jelaskannya pada kegiatan yang berlangsung tersebut SMKN 1 Kendari juga menggandeng beberapa narasumber yakni, Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Kendari, HRD Maxel dan Lippo Plaza .

“Kita berharap anak anak kami kedapanya bisa memanfaatkan apa yang telah didapatkan dalam pelatihan ini khususnya dalam menjawab wawancara penukisan cv dan pembuatan surat lamaran pekerjaan dengan benar,” Harapnya.

Ali HRD Maxel Cabang Kota Kendari mengatakan, sangat mengapresiasi apa menjadi program BKK SMKN 1 Kendari.

“Sebenarnya kegiatan seperti ini sangat kita tungu-tunggu dimana melibatkan langsung dari pihak industri sehingga kami dapat charing ilmu dan mengedukasi siswa – siswi yang akan memasuki dunia kerja nantinya”ungkapnya.

Vivi Maryani Kelas XII BBDP 1 SMKN 1 Kendari, salah satu peserta pelatihan mengatakan, kegiatan yang berlangsung tersebut sangat bagus untuk mendapatkan informasi terkait cara menjawab wawancara yang baik , Penulisan cv dan membuat surat lamaran pekerjaan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *