Daerah

Perumda Tirta Anoa Kendari terus melakukan perbaikan layanan

13
×

Perumda Tirta Anoa Kendari terus melakukan perbaikan layanan

Sebarkan artikel ini

infokendari – Layanan air bersih di Kota Kendari yang dikelola oleh Perumda Tirta Anoa kini menunjukkan peningkatan yang signifikan. Dari segi kuantitas, kualitas, dan kontinyuitas, layanan air bersih ini telah beranjak menuju optimalisasi yang diharapkan oleh masyarakat. Namun, dalam nuansa kritik yang membangun, masih terdapat beberapa aspek yang memerlukan perhatian lebih lanjut.

Dalam beberapa tahun terakhir, Perumda Tirta Anoa telah berhasil meningkatkan kuantitas air bersih yang didistribusikan ke rumah-rumah warga. Dengan tambahan instalasi baru dan perbaikan infrastruktur, banyak warga yang sebelumnya mengalami kekurangan pasokan air kini dapat menikmati layanan yang lebih baik. Data internal menunjukkan bahwa cakupan distribusi air kini mencakup 19% wilayah Kota Kendari, sebuah capaian yang patut diapresiasi.

Tak hanya kuantitas, kualitas air yang didistribusikan juga menunjukkan perbaikan. Berdasarkan hasil uji laboratorium, kandungan bakteriologis dan kimiawi dalam air telah memenuhi standar kesehatan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Peningkatan kualitas ini dicapai melalui program pengawasan berkala dan investasi dalam teknologi penyaringan air modern.

Kontinyuitas layanan air juga mengalami perbaikan. Jika sebelumnya banyak warga yang mengeluhkan pemutusan pasokan air secara tiba-tiba, kini gangguan semacam itu semakin jarang terjadi. Perumda Tirta Anoa telah menerapkan sistem manajemen distribusi yang lebih baik dan meningkatkan respons terhadap gangguan teknis. Namun, ada beberapa wilayah pinggiran yang masih mengalami ketidakstabilan pasokan, terutama saat musim kemarau.

Meskipun capaian tersebut layak mendapat apresiasi, masih ada beberapa aspek yang memerlukan perhatian lebih lanjut:

1. *Infrastruktur di Wilayah Pinggiran*: Beberapa daerah pinggiran masih belum sepenuhnya terjangkau oleh layanan yang stabil. Perumda Tirta Anoa perlu mempercepat pembangunan infrastruktur di wilayah-wilayah ini agar semua warga Kendari dapat menikmati layanan yang sama.

2. *Edukasi dan Sosialisasi*: Banyak warga yang masih kurang memahami pentingnya menjaga kebersihan dan penghematan air. Perlu ada program edukasi yang lebih intensif agar masyarakat lebih bijak dalam menggunakan air bersih.

3. *Tanggap Darurat*: Sistem tanggap darurat terhadap gangguan layanan perlu diperkuat. Respon yang cepat dan efektif terhadap keluhan pelanggan akan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan masyarakat terhadap layanan yang diberikan.

Diketahui, Perumda Tirta Anoa Kendari telah menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam layanan air bersih dari segi kuantitas, kualitas, dan kontinyuitas. Namun, upaya untuk mencapai optimalisasi yang sempurna masih memerlukan kerja keras dan perhatian khusus pada beberapa aspek penting. Dengan komitmen yang kuat dan dukungan dari seluruh pihak, layanan air bersih di Kota Kendari dapat terus ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *