Daerah

SMKN 5 Gelar Job Fair. Disnakerperin : Kegiatan ini Pengaruhi TPT

180
×

SMKN 5 Gelar Job Fair. Disnakerperin : Kegiatan ini Pengaruhi TPT

Sebarkan artikel ini

infokendari – Sebanyak 17 Dunia Kerja dan 2 Lembaga turut andil bagian dalam pelaksanaan Job fair yang diselenggarakan pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Kendari.

Hal tersebut di ungkapkan Kepala sekolah SMKN 5 Kendari Ahmad Yunan, saat memberi sambutan dalam acara Job fair yang berlangsung di lapangan upacara SMKN 5. Sabtu, ( 11/11/2023)

Ahmad Tunan mengatakan, tujuan dari di selenggarakanya kegiatan tersebut adalah untuk mempertemukan para pencari kerja dengan dunia usaha atau pemberi kerja.

Lanjut dijelaskan, Dalam acara yang berlangsung tersebut sebanyak 300 Lowongan pekerjaan dari 17 dunia usaha industri terbuka untuk para pencari kerja.

“Saya berharap melalui kegiatan job fair ini, semua alumni saya berkesempatan mendapatkan kerja.” Harapnya.

Kepala Dinas Tenaga kerja dan perindustrian Kota Kendari, Muh . Ali Aksa saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, pihaknya akan selalu melakukan pendampingan bagi lembaga, perguruan tinggi dan SMA yang menyelenggarakan Job Fair.

” Karena itu wajib hukumnya. Jadi dimana saja akan kita lakukan itu,”Tandasnya.

Lebih lanjut Mantan Kadis Perhubungan Kota Kendari ini berharap, calon pekerja  baik kontrak harian maupun kontrak tahunan  untuk di laporkan ke Dinas tenaga Kerja.

“Sehingga kami juga bisa mendata, mendapatkan informasi dan memberikan informasi kepada pimpinan dan halayak rame dimana angkatan kerja, bagaimana penanganan tenaga kerja dan siapa siapa saja yang sudah bekerja,” Ujarnya.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMK PKLK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, Johanes hengkengkona merespon baik atas terselenggaranya kegiatan Job Fair yang di gelar SMKN 5 Kendari.

“Untuk itu, apa yang dilakukan hari ini mudah – mudahan ini bisa tersampaikan kepada SMK di Sulawesi tenggara terkhusus Kota Kendari, menginformasikan terkait dengan penyerapan tenaga kerja yang di butuhkan dunia usaha,” Harapnya.

Di tempat yang sama, Kabid Pelatihan dan penempatan Dinas Tenaga Kerja dan perindustrian Kota Kendari, Wawan Astanto mengatakan, Penyelanggaran Job Fair mempengaruhi Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kota Kendari. Hal tersebut di buktikan dengan semakin berkurangnya TPT di Kota Kendari.

“Tahun 2022 Tingkat Pengangguran Terbuka di Kota Kendari mencapai 5,23% dan untuk tahun ini 2023 tersisa 5,18% padahal penduduk kita semakin meningkat” Terangnya.

Untuk di ketahui SMKN 5 Kendari, kali pertama menyelenggarakan kegiatan Job Fair dengan melibatkan 17 Dunia Usaha Dan 2 Lembaga, kegiatan ini juga terbuka untuk umum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *