Sigap! UPP Kota Kendari, Edukasi SPG Warga Kampung Salo

Kendari
22 Agu 2022, 12:16:19 WITA
Sigap! UPP Kota Kendari, Edukasi SPG Warga Kampung Salo

INFOKENDARI.COM - Inspektorat Bersama Polresta dan Dinas Kominfo Kota Kendari kembali melaksanakan Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), dan pengenalan Aplikasi New Laika, kali ini berlangsung di kelurahan Kampung Salo, Senin, (22/08/2022). 

Ketua Pokja Penindakan, AKBP, Yusuf Muluk Tawang mengatakan, kegiatan sosialisasi yang berlangsung itu dalam upaya mengedukasi aparat kelurahan maupun masyarakat agar terhindar dari praktek Suap, Pungli dan Gratifikasi. 

Yusuf Muluk Tawang juga mengatakan, Kehadiran Aplikasi New Laika dapat menjadi solusi pencegahan praktek Suap, Pungli dan Gratifikasi di Kota Lulo. 

Baca Lainnya :


Lebih lanjut Perwira Pengendali Operasi Yustisi Pemkot Kendari ini mengatakan, Pemerintah Kota selalu berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan juga berupaya maksimal untuk mengurangi terjadinya pelanggaran hukum. 

"Kami sangat berharap terjalin sinergitas antara pemerintah dan masyarakat dalam upaya mencegah Suap, Pungli dan Gratifikasi. Kami juga berharap Bila Bapak Walikota Kendari dan Kadis Kominfo memberikan ijin, Sat Binmas Polresta Kendari siap bergabung pada Aplikasi Laika, karena masyarakat akan terlayani dengan cepat bila ada permasalahan Kamtibmas di lingkungannya. 

Sementara PS. Kasubnit 1 unit III Tipikor Sar Reskrim Anggota Pokja Penindakan UPP Kota Kendari, Aiptu Laode Rufani Mengatakan, Satgas Saber Pungli di bentuk berdasarkan Peraturan Presiden nomor 87 tahun 2016. Kemudian di tindaklanjuti dengan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Kendari nomor 258 tahun 2021, tentang pembentukan Unit Pemberantasan Pungutan Liar di Kota Kendari. 

"Salah satu tujuanya adalah mencegah penyelenggara negara terutama Aparatur Sipil Negara melakukan perbuatan yang berkaitan dengan Suap, Pingli dan gratifikasi," Terangnya. 


Lebih lanjut Aiptu Laode Rufani menjelaskan, Tugas Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (SABER PUNGLI), yaitu Melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien dengan optimalkan pemanfaatan personil, satuan kerja, dan sarana prasarana, baik yang berada di kementerian/lembaga maupun Pemerintah Daerah. 

"Kita berharap melalui Sosialisasi ini, tidak ada lagi tindakan-tindakan diluar dari ketentuan hukum yang berlaku,"harapnya

Ditempat yang sama, Mewakili Inspektur Kota Kendari, Irban Investigasi Inspektorat, Mulyadi M. ST. M.Si saat menyampaikan materi mengatakan, Pungutan liar atau pungli adalah pengenaan biaya di tempat yang tidak seharusnya biaya dikenakan atau dipungut. 

Lebih lanjut Irban Investigasi Inspektorat mengatakan, Pungli termasuk dalam kategori kejahatan jabatan, yaitu penyalahgunaan kekuasaan untuk menguntungkan diri sendiri dan/atau orang lain dengan memaksa seseorang untuk memberikan sesuatu, membayar atau menerima pembayaran dengan potongan, atau untuk mengerjakan sesuatu bagi dirinya sendiri.


"Apapun itu yang kita urus, jika tidak ada dasar hukumnya jangan kita bayar, dan jika ada oknum yang masih meminta sejumlah uang dalam pengurusan, silahkan melakukan pengaduan pada Aplikasi Laika," Jelasnya. 

"Kita berharap kepada peserta yang hadir agar bisa memahami apa yang telah disampaikan sehingga dalam penerapanya nanti kita dapat terhindar dari Suap, Pungli dan gratifikasi," Tutupnya

Sementara Kepala bidang penyelenggaraan egovernment Dinas Kominfo Kota Kendari, Wawan mengatakan, Wali Kota Kendari, menghadirkan Aplikasi Laika secara mudah dan gratis, hal tersebut semata- mata untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan urusan Administrasi kependudukan agar terhindar dari praktek Suap, Pungli dan Gratifikasi," Ujarnya


"Saat ini untuk melakukan pengurusan adminstrasi di pemerintahan kota Kendari tidak ada lagi yang namanya pembayaran, silahkan gunakan Laika agar terbebas dari Suap, Pungli dan Gratifikasi,"Ujarnya.

Lurah Kampung Salo, Budi Utomo, mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Wali Kota dan Tim UPP Kota Kendari atas kegiatan sosialisasi Saber Pungli dan pengenalan Aplikasi New Laika pada kelurahan yang dipimpinya itu. 

Menurutnya sosialisasi tersebut sangat bermanfaat dalam hal memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

"Dengan pemberantasan Pungli, masyarakat bisa terbebas dari dari praktek suap, Pungli dan Gratifikasi," Ujarnya


Terkait Aplikasi Laika, mantan Lurah Mata tersebut mengatakan, masyarakat dapat lebih mudah lagi dalam melakukan pengurusan administrasi di Pemerintahan Kota Kendari. 

"Program Laika ini sangat penting dan saya akan sampaikan kepada seluruh masyarakat kampung Salo, ini merupakan Visi - misi Wali Kota Kendari untuk mewujudkan Kendari sebagai Kota layak huni, berbasis ekekologi, informasi dan teknologi. Makanya program yang bagus ini perlu kita lanjutkan menuju Kendari sukses masyarakat sejahtera,"Ujarnya

Wasariaty, RT 02,RW 02, mengatakan, sosialisasi yang berlangsung itu sangat bagus dan bermanfaat. 

"kami jadi tau apa itu suap, pungli dan gratifkasi sehingga kedepanya kami dapat mengindari hal tersebut,"ujarnya


Terkait Aplikasi Laika Wasariaty mengungkapkan, masyarakat  jauh lebih dipermudah lagi dalam melakukan urusan administrasi serta dapat memutus prilaku suap pungli dan gratifikasi. 

"Terimakasih Kepada Pemerintah Kota Kendari, yang telah meluncurkan Aplikasi Laika ini dengan mudah dan gratis, sehingga masyarakat dalam melakukan pengurusan adminstrasi terbebas suap pungli dan gratifikasi,"Ujarnya.

Di tempat yang sama, Rawia Serah RT, 03 RW, 02 mengungkapkan, hadirnya Aplikasi Laika sangat mempermudah urusan masyarakat. 


"Terimakasih banyak kepada pemerintah Kota Kendari yang telah menghadirkan Aplikasi yang bagus ini," Ungkapnya




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment