Lanjutkan! UPP Kota Kendari, Edukasi SPG Warga Kendari Caddi

Kendari
22 Agu 2022, 18:30:59 WITA
Lanjutkan! UPP Kota Kendari, Edukasi SPG Warga Kendari Caddi

INFOKENDARI.COM - Tim Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kota Kendari yang dalam hal ini, Inspektorat Bersama Polresta dan Dinas Kominfo Kota Kendari lanjutkan Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), dan pengenalan Aplikasi New Laika, kelurahan Kendari Caddi, Kecamatan Kendari, Senin, (22/08/2022) sore. 

Mewakili Inspektur Kota Kendari, Irban Investigasi Inspektorat, Mulyadi M. ST. M.Si saat menyampaikan materi mengatakan, Pungutan liar atau pungli adalah pengenaan biaya di tempat yang tidak seharusnya biaya dikenakan atau dipungut. 

Lebih lanjut Irban Investigasi Inspektorat mengatakan, Pungli termasuk dalam kategori kejahatan jabatan, yaitu penyalahgunaan kekuasaan untuk menguntungkan diri sendiri dan/atau orang lain dengan memaksa seseorang untuk memberikan sesuatu, membayar atau menerima pembayaran dengan potongan, atau untuk mengerjakan sesuatu bagi dirinya sendiri.

Baca Lainnya :


"Apapun itu yang kita urus, jika tidak ada dasar hukumnya jangan kita bayar, dan jika ada oknum yang masih meminta sejumlah uang dalam pengurusan, silahkan melakukan pengaduan pada Aplikasi Laika," Jelasnya. 

"Kita berharap kepada peserta yang hadir agar bisa memahami apa yang telah disampaikan sehingga dalam penerapanya nanti kita dapat terhindar dari Suap, Pungli dan gratifikasi," Tutupnya

Kepala bidang penyelenggaraan egovernment Dinas Kominfo Kota Kendari, Wawan mengatakan, Pemerintah Kota Kendari terus berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. hal tersebut di buktikan dengan hadirnya pelayananan yang dibuat besama OPD -OPD Terkait yaitu New Laika untuk pempermudah urusan adminstrasi  warga. 


Lebih lanjut wawan menyampaikan, Saat ini untuk melakukan pengurusan adminstrasi di pemerintahan kota Kendari tidak ada lagi yang namanya pembayaran. 

"Wali Kota Kendari menghadirkan Aplikasi Laika secara mudah dan gratis, hal tersebut semata- mata untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan urusan Administrasi kependudukan agar terhindar dari praktek Suap, Pungli dan Gratifikasi," Ujarnya

Lurah Kendari Caddi, Muh. Syahlan Jaya Negara, SE., M.Si, sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang berlangsung itu. Menurutnya kegiatan tersebut sangat membantu dan memberikan pengetahuan tambahan kepada masyarakat dan dapat menjalankan program pemerintah termasuk Aplikasi new Laika agar terhindar dari prilaku Suap, Pungli dan Gratifikasi. 


"Atas nama warga masyarakat Kelurahan Kendari Caddi mengucapkan banyak terimaksih kepada Wali Kota Kendari, Bapak H. Sulkarnain Kadir, SE., ME yang telah menghadiran program Aplikasi Laika menuju Kendari Sukses Masyarakat Sejahtera,"ujarnya

Ketua LPM Kelurahan Kendari Caddi, Jasfaruddin, meng ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Kendari atas komitmen dan kekonsistenanya, sehingga Saber pungli ini bisa diketahui masyarakat. 


"Ini satu langkah yang luar biasa, kita mengapresiasi teman teman Inspektorat, Kominfo dan Polresta Kendari bagaimana pemahaman tentang saber pungli ini bisa betul- betul masuk ke tengah masyarakat sehingga tindakan atau preventif  pencegahan dari Suap Pungli dan Gratifikasi itu bisa tercapai,"ujarnya

Terkait Aplikasi New Laika Jasfaruddin mengatakan, Aplikasi Laika sangat luar biasa namun masih butuh untuk terus di sosialisasikan. 

"Masyarakat masih banyak yang gaptek, sehingga ini perlu diberi ruang kepada Pemerintah Kelurahan termasuk RT, RW untuk kemudian lebih mensosialisasikan kepada masyarakat, sebab Aplikasi ini betul-betul bisa mempermudah masyarakat dalam pengurusan administrasi dan mencegah dari praktek suap, pungli dan gratifikasi,"tegasnya

Ditempat yang sama, RT, 03 RW, 06 Abu Kasrin mengungkapkan, sebelum hadirnya Aplikasi Laika, warga merasa kesulitan untuk melakukan pengurusan Administrasi. 


"Alhamdulillah setelah Hadirnya Aplikasi Laika ini, kita sangat terbantu," Ungkapnya

Salman, Salah seorang warga Kelurahan Kendari Caddi yang telah menggunakan layanan Laika itu mengungkapkan, bahwa Aplikasi Laika sangat membantu dan mempermudah dirinya dalam melakukan pengurusan Administrasi Kependudukan. 


" Saya sangat senang, Terimakasih Kepada Pemerintah Kota Kendari yang telah menghadirkan Aplikasi ini,"ujarya 

Diketahui, Penanganan pungutan liar dan gratifikasi sampai saat ini masih menjadi salah satu program prioritas pemerintah. 

Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden nomor 87 tahun 2016 tentang satuan tugas sapu bersih pungutan liar bertujuan mencegah penyelenggara negara terutama Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk melakukan perbuatan yang berkaitan dengan pungutan liar dan gratifikasi. 

Hal ini sejalan dengan keputusan Wali Kota Kendari nomor 258 tahun 2021, tentang pembentukan Unit Pemberantasan Pungutan Liar di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tenggara, (Kota Kendari). 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment