Cegah SPG Lingkup OPD, Inspektorat Kendari Edukasi Disperindag

Hukum dan Kriminal
24 Agu 2022, 11:51:27 WITA
Cegah SPG Lingkup OPD, Inspektorat  Kendari Edukasi Disperindag

INFOKENDARI.COM - Inspektorat Kota Kendari bersama Polresta melakukan edukasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) kepada Organisasi Perangkat Darah (OPD) Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindag), yang berlangsung di Aula Integritas, Rabu, (24/08/2022). 

Wakapolresta, AKBP Saiful Mustofa, SIK.,M.Si yang hadir sebagai Ketua UPP Kota Kendari, mengatakan, Dibutuhkan sebuah sistem untuk memangkas terjadinya praktek Suap, Pungli dan Gratifikasi. 


Baca Lainnya :

"Dengan adanya Sistem, ini memaksakan semua kerawanan - Kerawanan transaksional akan terpangkas," Ujarnya. 


Sementara, Inspektur Kota Kendari, Syarifuddin, SE.,Ak.,MSA, CGAA, CGCAE, saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, Pungli berawal dari hal-hal yang kecil."Sehingga kita harapkan Bapak, ibu, keluar dari disini ada perubahan dan bisa menularkan pada lingkungan sekitar,"Ujarnya

Irban Investigasi, Mulyadi M. ST., M.Si saat memberikan materi Mengatakan, Pungutan Liar (Pungli)  adalah tindakan pegawai negeri atau pejabat negara yang menawarkan jasa atau meminta imbalan kepada masyarakat dengan maksud membantu mempercepat tercapainya tujuan, walau melanggar prosedur. 


"Sebagai upaya pemberantasan pungli, pemerintah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli). Hal ini sejalan dengan keputusan Wali Kota Kendari nomor 258 tahun 2021, tentang pembentukan Unit Pemberantasan Pungutan Lingkup Pemerintah Kota Kendari,"terangnya

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil menengah, (Disperindag) Kota Kendari, Alda Kesutan Lapae mengatakan, sangat mengapresiasi dan mensuport kegiatan yang berlangsung itu. 


"Semoga lepas dari sini ada perubahan dalam diri kita. merubah diri itu memang tidak gampang, tapi sekurang-kurangnya bisa merubah itu yang terbaik untuk kita,"Ujarnya.

Usai Kegiatan, TIM UPP Kota Kendari memberikan Cendra Mata Kepada Peserta yang aktif dan berintraksi dalam Sosialisasi tersebut. 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment