Berantas SPG! UPP Kota Kendari Edukasi Kelurahan Lahundape

Kendari
23 Agu 2022, 11:52:30 WITA
Berantas SPG! UPP Kota Kendari Edukasi Kelurahan Lahundape

INFOKENDARI.COM - Tim Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kota Kendari yang dalam hal ini, Inspektorat Bersama Polresta dan Dinas Kominfo Kota Kendari lanjutkan Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), dan pengenalan Aplikasi New Laika, kelurahan Kendari Caddi, Kecamatan Kendari, Selasa, (23/08/2022) Pagi. 

Ketua Pokja Penindakan, AKBP, Yusuf Muluk Tawang saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan sosialisasi yang berlangsung itu dalam upaya mengedukasi aparat kelurahan maupun masyarakat agar terhindar dari praktek Suap, Pungli dan Gratifikasi. 



"Kita berharap Bapak ibu dapat mengikuti Kegiatan ini secara baik, agar dapat memahami apa itu Suap Pungli dan Gratifikasi sehingga dalam pelaksanaanya nanti kita bisa terbebas dari Praktek Tersebut," Ujarnya

Mewakili Inspektur Kota Kendari, Irban Investigasi Inspektorat, Mulyadi M. ST. M.Si saat menyampaikan materi mengatakan, Pungutan liar atau pungli adalah pengenaan biaya di tempat yang tidak seharusnya biaya dikenakan atau dipungut. 

"Jadi apapun itu yang kita urus bapak ibu, jika tidak ada dasar hukumnya jangan kita bayar, dan jika ada oknum yang masih meminta sejumlah uang dalam pengurusan, silahkan melakukan pengaduan pada Aplikasi Laika," Jelasnya. 

Lebih lanjut Mulyadi mengatakan, Gratifikasi adalah pemberian dalam arti luas, yakni uang, barang, rabat (diskon), komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma, dan fasilitas lainnya, baik yang diterima di dalam negeri maupun di luar negeri, yang dilakukan menggunakan sarana elektronik atau tanpa sarana elektronik.



"Kita berharap, bapak, Ibu yang hadir bisa memahami apa yang telah disampaikan sehingga dalam penerapanya nanti kita dapat terhindar dari Suap, Pungli dan gratifikasi," Tutupnya

Sementara PS. Kasubnit 1 unit III Tipikor Sar Reskrim Anggota Pokja Penindakan UPP Kota Kendari, Aiptu Laode Rufani Mengatakan, Satgas Saber Pungli di bentuk berdasarkan Peraturan Presiden nomor 87 tahun 2016. Kemudian di tindaklanjuti dengan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Kendari nomor 258 tahun 2021, tentang pembentukan Unit Pemberantasan Pungutan Liar di Kota Kendari. 

"Salah satu tujuanya adalah mencegah penyelenggara negara terutama Aparatur Sipil Negara melakukan perbuatan yang berkaitan dengan Suap, Pungli dan gratifikasi," Terangnya. 



Lebih lanjut Aiptu Laode Rufani menjelaskan, Tugas Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (SABER PUNGLI), yaitu Melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien dengan optimalkan pemanfaatan personil, satuan kerja, dan sarana prasarana, baik yang berada di kementerian/lembaga maupun Pemerintah Daerah. 

Selain itu, satgas Pungutan Liar (Saber Pungli) juga memiliki kewenangan di antaranya membangun sistem, mengumpulkan data dan informasi dengan teknologi informasi, mengkoordinasikan merencanakan dan melaksanakan operasi, operasi tangkap tangan, rekomendasi sanksi, rekomendasi pembentukan dan pelaksanaan serta evaluasi kegiatan. 

"Kita berharap melalui Sosialisasi ini, tidak ada lagi tindakan-tindakan diluar dari ketentuan hukum yang berlaku,"harapnya

Kepala bidang penyelenggaraan egovernment Dinas Kominfo Kota Kendari, Wawan mengatakan, Pemerintah Kota Kendari terus berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. hal tersebut di buktikan dengan hadirnya pelayananan yang dibuat besama OPD -OPD Terkait yaitu New Laika untuk pempermudah urusan adminstrasi  warga. 



Lebih lanjut wawan menyampaikan, hadirnya aplikasi Laika juga menjawab segala persoalan di masyarakat, dia antaranya, pungli, diskriminatif, jadwal pelayanan, ketidak terbukaan informasi layanan, tidak adanya saluran pelaporan yang aman

"Wali Kota Kendari menghadirkan Aplikasi Laika ini semata- mata untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan urusan Administrasi kependudukan agar terhindar dari praktek Suap, Pungli dan Gratifikasi," Ujarnya

Lurah Lahundape, Habib Ardiansyah NH., S. STP., M. AP sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang berlangsung itu. Menurutnya kegiatan tersebut sangat membantu dalam rangka menghindari Suap, Pungli dan Gratifikasi. 


"Juga kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Wali Kota Kendari yang telah menghadirkan Aplikasi New Laika. Karena ini sangat membantu kami dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat," Ungkapnya. 

Ketua RT, 02 RW, 01 Arif Boy, mengatakan sosialisasi Saber Pungli banyak memberikan pembelajaran untuk dia dan warganya dalam rangka menghindari Suap Pungli dan Gratifikasi. 



"Apa yang saya dapatkan disini selanjutnya akan saya sampaikan kepada warga," Ujarnya

Terkait Aplikasi New Laika, Boy mengungkapkan, Kehadiran aplikasi tersebut sangat membantu dan mempermudah segala urusanya. 

"Saya telah menggunakan layanan pada aplikasi New Laika seperti akta kelahiran, dan alhamdulillah sangat cepat selesai. Terimakasih kepada pemerintah Kota Kendari yang telah memperkenalkan Aplikasi Laika kepada kami alhamdulillahalhamdulillah kami sangat terbantu sekali. 

Sementara, Roy Roman Kepala UPTB, PBB Kecamatan Kendari barat Bappenda kendari. Saat melakukan pelayanan Jemput Bola PBB di kelurahan tersebut mengatakan, Aplikasi Laika sangat bagus dan membantu masyarakat dalam melakukan pengecekan Pajak Bumi Bangunan (PBB) nya. 



"Meski naiknya tidak signifikan namun ada kenaikan PAD setelah masyarakat mengetahui Aplikasi New Laika. Kami berharap masyarakat dapat mendownload Aplikasi ini,"Harapnya

Usai kegiatan tersebut, TIM UPP Kota Kendari memberikan cendra mata kepada RT/RW yang aktif Dalam sosialisasi yang berlangsung itu. Cendra mata di serahkan langsung oleh Ketua Pokja Pencegahan bersama Irban Investigasi. 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment